Saturday, July 27, 2013

Suap Dokter, 4 Petinggi GlaxoSmithKline Ditahan China

VIVAnews - Setidaknya 18 orang ditahan pihak berwajib China terkait skandal korupsi yang melibatkan perusahaan obat multinasional GlaxoSmithKline. Radio pemerintah China melaporkan, polisi di kota Zhengzhou "menahan, sesuai hukum, 18 pegawai GlaxoSmithKline (GSK) dan beberapa petugas kesehatan".

Tak dijelaskan detail lebih lanjut penahanan tersebut. Polisi Zhengzhou menolak berkomentar. Seorang juru bicara GSK di London juga menolak berkomentar.

Pada Jumat malam, Kementerian Keselamatan Publik China menyatakan, bekas general manager GSK untuk China, Mark Reilly, akan kembali ke China untuk bekerjasama dalam penyelidikan ini. "Akan memberikan bantuan yang diperlukan untuk tim audit perusahaan dan berharap operasional dan produksi GSK China kembali normal secepatnya."

Polisi China sebelumnya mengumumkan menahan empat pejabat GSK terkait sangkaan perusahaan obat itu menyalurkan uang sampai 3 miliar yuan atau setara US$489 juta untuk biro perjalanan memfasilitasi suap untuk dokter dan pejabat kesehatan.

GSK mengakui bahwa sejumlah pejabat China telah melanggar hukum namun Direktur Utama GSK Andrew Witty menyatakan saat itu perusahaan tidak tahu bahwa itu salah.

Kantor berita Xinhua melaporkan sejumlah pegawai GSK "diduga menawarkan suap ke dokter, meminta mereka meresepkan obat lebih banyak supaya penjualan obat tumbuh dan di saat yang sama menaikkan harga obat". (eh)

KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

?atau?

Source: http://us.dunia.vivanews.com/news/read/432716-suap-dokter--4-petinggi-glaxosmithkline-ditahan-china

Indianapolis explosion mike brown bcs rankings jay cutler applebees jeff gordon veterans day

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.